Tips Agar Sayuran Dapat Di Sukai Anak-Anak

Kesehatan anak merupakan dambaan para ibu, sehat, ceria, pintar, baik budi pekertinya, dan itu semua akan sangat membahagiankan orang tua. Akan tetapi lain halnya jika gizi pada anak kurang dikarenakan anak tidak diimbangi dengan makanan sayuran, memberikan gizi kepada anak-anak memang dapat di bilang susah-susah gampang. Begitu juga dengan anak saya yang susah dengan makanan yang berbau sayuran, makanan yang sering dimakan seperti ayam, telor, ikan, untuk sayuran agak susah untuk memakannya.

Pada kesempatan ini saya ingin berbagi tips agar sayuran dapat di sukai anak-anak, sayuran dan buah-buahan termasuk makanan yang sangat penting untuk dikonsumsi semua orang, permasalahan ini terjadi jika anak-anak diusia 1-6 tahun tidak suka dengan sayuran.


Pada umumnya anak-anak lebih cenderung menyukai makanan atau cemilan yang manis, gurih, dan asin yang terkadang memiliki kandungan yang tidak baik untuk kesehatan anak, terus bagaimana cara mengatasi hal tersebut?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, silakan anda simak beberapa tips yang dapat anda coba untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang terkadang tidak kita pahami terhadap anak-anak.

Tips Agar Sayuran Dapat Di Sukai Anak-Anak

Solusi Agar Anak Suka Sayuran

1. Jangan Paksa Anak untuk Memakan Sayuran

Alasan ini terkadang seorang ibu sangat kawatir jika suguhan makanan yang disajikan kepada anak tidak disukai terutama sayuran, apabila anak anda seperti itu jangan pernah memaksa anak untuk memakan sayuran dikarenakan akan berdampak tidak baik terhadap anak, anak menjadi trauma karena anda terus memaksakan keinginan anda.

Solusi yang dapat anda lakukan adalah dengan membuat olahan sayuran yang sudah dibuat jus atau suplemen dan berikan secara teratur.

2. Memberikan Contoh Saat Anda Makan Sayuran

Agar anak suka makan sayuran maka berikan contoh kepada anak bahwa anda juga suka sayuran, selalu menghidangkan makanan yang berbahan sayuran dan buat berbagai olahan agar sayuran tidak monoton dalam penyajiannya.

3. Buat Cemilan Beraneka Ragam dari Olahan Sayuran

Buat cemilan berbahan sayuran yang disajikan dalam berbagai bentuk seperti kentang yang dibuat bergedel, keripik, bayam yang dibuat keripik dan buat bervariasi setiap harinya agar anak akan memiliki sayur kesukaannya.

4. Sajikan Makanan Semenarik Mungkin

Buat sayuran semenarik mungkin dalam berbagai bentuk agar anak senang untuk melihat sayuran dan mau memakannya.

5. Libatkan Anak dalam Memasak

Pada saat anda sedang memasang maka ajaklah anak untuk berkreasi, bersenang-senang dalam mengolah makanan, biarkan anak membantu walaupun membuat berantakkan, jangan marahi anak atas kesalahan yang dibuat, berikan penghargaan agar anak merasa senang. 

6. Jangan Hukum Anak atas Kesalahan yang di Buat

Kebiasaan ibu jika anak melakukan kesalahan dalam apapun pasti seorang ibu akan memarahinya, bukannya memberi solusi malah memarahinya. Berikan solusi jika anak salah, anak butuh kasih sayang bukan kekerasan.

Semoga tips agar sayuran dapat di sukai anak-anak dapat bermanfaat, sayangi buah hati anda sebagai mana anda menyangi suami anda dan keluarga anda.
di 19.13.00

2 komentar untuk "Tips Agar Sayuran Dapat Di Sukai Anak-Anak"

  1. saya dari kecil udah terbiasa makan sayur, ngga ada paksaan, memang suka. sekeluarga suka sayur. wah, apalagi rebusan setengah matang

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagus tuch, manfaat sayuran sebenarnya sangat banyak sekali jika dikonsumsi oleh tubuh kita secara teratur akan membawa dampak yang baik

      Hapus

Back to Top