Anak Saya Susah Makan, Apa Solusinya?

Anak Saya Susah Makan, Apa Solusinya? - Sering saya menumui anak saya susah makan, hal ini membuat saya resah dan tentu saja saya sebagai seorang ibu merasa kebingungan untuk menyikapi anak saya yang susah makan. Dari berbagai sumber saya sering menanyakan dan membaca beberapa artikel dari berbagai sumber, ternyata permasalahan ini tidak boleh dianggap sepele.

Perlu kita ketahui bahwa kasus anak yang susah makan bukanlah hal yang biasa, akan tetapi bagi para ibu harus cepat-cepat cari solusinya untuk memberikan asupan gizi pada si anak, dengan memberikan asupan nutrisi yang seimbang serta teratur maka akan memberikan hal yang positif bagi si anak. Keaktifan anak disebabkan karena faktor nutrisi yang baik, kesehatan pada anak akan mempengaruhi perkembangan otak serta bagian tubuh yang lain.

Baca juga: Manfaat buah Apel

Kebetulan saya sendiri baru memiliki anak satu yang berumur 2 tahun 8 bulan, dengan permasalahan tersebut terkadang saya dibuat kawatir serta bingung dengan sikap buah hati yang susah makan, dan sebagai orang tua kita harus paham akan kebutuhan si anak.

Solusi Anak Susah Makan

Sebab Anak Susah Makan

Penyebab anak yang susah makan akan dikenali apabila anak sudah memiliki kebiasaan makan maka akan menjadi pertimbangan bagi ibu, dimana setiap anak memiliki selera yang berbeda-beda disetiap usianya. Diantara penyebab anak susah makan adalah:

  • Pemberian ASI yang kurang baik, ASI yang tidak lancar saat dibutuhkan si anak
  • Memberikan makanan yang tidak sesuai dengan perkembangan anak, anak memiliki perbedaan selera dalam mengkonsumsi sesuai faktor usis.
  • Memberikan makanan yang kurang tepat, kebiasaan ini dulu pernah saya lakukan yaitu memaksakan makanan dengan jumlah banyak.
  • Memiliki alergi dalam makanan
  • Makan yang terlalu terburu-buru
  • Gangguan terhadap pencernaan
  • Adanya masalah suka dan tidak suka
  • Bosan dengan makanan yang disajikan
  • Tidak memiliki nafsu makan
  • Ibu yang keras memaksakan anak untuk makan sendiri.
  • Sedang tumbuh gigi
  • Sedang pilek dan batuk
Dampak Anak Susah Makan

Apabila anak anda susah makan ternyata memiliki dampak yang tidak baik bagi tumbuh kembangnya si anak dan maka dari itu cari solusinya sesegera mungkin agar si anak mau makan. Dampak dari susuh makan, yaitu:
  • Mempengaruhi perkemgan si anak.
  • Kekurangan engergi akut
  • Kadar gula darah pada si anak kurang
  • Berkeringan dingin
  • Terjadi kejang sewaktu-waktu
  • Kurang gizi
  • Kekurangan vitamin A
  • Kekurangan yodium
  • Kekurangan mineral
  • Anemia defisiensi besi
  • Kecerdasan dan Kekebalan tubuh menurun
Solusi Anak Susah Makan
  • Cara memberi makan yang berbeda dengan biasanya
  • Terapi bermain
  • Jadikan saat makan yang menyenangkan si anak
  • Memberikan pendidikan pada anak saat makan yang baik
  • Mengajarkan makan yang teratur pada saat makan
  • Beri cemilan yang sehat dan menarik
  • Jangan terlalu memaksakan anak untuk makan yang banyak, sedikit asal terus mau makan karena porsi anak berbeda-beda.
  • Berikan penghargaan pada anak dengan ucapan yang menggembirakan
  • Gunakan suplemen vitamin penambah nafsu makan
Dari permasalahan tersebut sudah pernah saya alami dan solusi diatas juga sudah saya terapkan pada anak saya. Semoga dengan artikel diatas dapat bermanfaat bagi ibu yang sedang mengalami permasalahan anak susah makan.
di 23.11.00

Belum ada komentar untuk "Anak Saya Susah Makan, Apa Solusinya?"

Posting Komentar

Back to Top