Tips Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Pada Anak

Tips Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Pada AnakMenjaga kesehatan gigi anak merupakan salah satu hal yang tidak dapat kita abaikan begitu saja oleh kita sebagai orang tua, wajar jika seorang anak mempunyai gigi yang rusak dan apabila dibiarkan begitu saja maka akan memberikan dampak yang akan ditimbulkan oleh kerusakan gigi pada anak. Salah satu dampak kerusakan yang akan tejadi nanti yaitu berubahnya bentuk mulut dan tatanan gigi pada saat anak dewasa nanti.

Maka dari itu perlu adanya pencegahan terhadap resiko kerusakan pada gigi anak-anak agar tetap dapat menjaga kesehatan gigi dan mulutnya serta memberikan hasil terbaik, hal ini akan bermanfaat bagi mereka terlebih saat mereka dewasa. Kesehatan dan kebersihan mulut dan gigi adalah salah satu penunjang rasa percaya diri yang paling utama.

Tips Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Pada Anak

Tips Menjaga Gigi dan Mulut

1. Mengurangi Makanan Yang Manis

Cara ini akan memberikan dampak yang baik bagi kesehatan gigi dan mulut si anak, menghindari makanan manis pastinya akan mengurangi resiko sakit gigi pada anak. Kebiasaan anak yang suka dengan manis atau makanan yang dapat merusak kesehatan seperti permen, cokelat, es krim, susu, dan lainnya. Apabila anak anda suka dengan makanan yang manis-manis sebenarnya boleh saja asal tidak berlebihan dan diimbangi dengan perawatan yang tepat, alangkah baiknya jangan membiasakan memberikan makanan manis pada anak-anak jika anda menginginkan gigi dan mulut anak anda sehat.

2. Jangan Biarkan Minum Susu saat Mau Tidur

Cara menjaga kesehatan gigi dan mulut pada anak selanjutnya adalah dengan menghindari anak meminta minum susu saat mau tidur menggunakan dot atau botol, hal ini dikarenakan cairan manis didalam botol tersebut menempel pada gigi anak dan pastinya hal ini akan mempermudah tumbuhnya bakteri untuk hidup didalam mulut. 

3.  Minum Air Putih

Cara yang lain adalah dengan cara minum air secara rutin pada anak agar gigi menjadi sehat, dan biasakan setelah makan si anak diajarkan untuk minum air putih setelah mengkonsumsi makanan besar yang mengandung gula. Dengan begitu sisa makanan yang ada pada selah-selah gigi terbawa dengan air minum, mengkonsumsi air putih secara teratur dapat menyehatkan gigi serta menjaga kesehatan tubuh si anak.


4. Gunakan Obat Kumur

Selain mengosok gigi sebaiknya anak diajarkan menggunakan obat kumur yang sudah dianjurkan dokter agar mulut tetap sehat, gunakan obat kumur satu minggu satu kali untuk membantu setelah anda gosol gigi maka bakteri yang ada diselah-selah gigi dapat membantu adanya plak dan karang pada gigi.

Semoga tips diatas dapat bermanfaat.
di 00.22.00

Belum ada komentar untuk "Tips Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Pada Anak"

Posting Komentar

Back to Top