Manfaat Memakan Cabai bagi Kesehatan

Manfaat Memakan Cabai bagi Kesehatan- Pedas, siapa coba yang tidak suka dengan pedas?, wah jika anda tidak suka dengan pedas rugi dech, kenapa?, makanan tanpa adanya rasa pedas terasa kurang mantap, vitamin yang ada pada cabai sangat bermanfaat untuk tubuh. Pada kesempatan ini saya akan share sedikit tentang manfaat cabai untuk kesehatan.

Cabai adalah tanaman yang termasuk kedalam keluarga dari tanaman solanaceae, tanaman yang berbuah pedas ini digunakan secara luas sebagai bumbu masakan dan tak heran hampir semua makanan membutuhkan cabai sebagai rasa pedas, seperti cabai merah mengandung vitamin C dalam jumlah besar, mengandung karoten (pro vitamin A).

Manfaat dan Kandungan Memakan Cabai bagi Kesehatan

Manfaat Memakan Cabai bagi Kesehatan

Menurut dr. Prapti Utami, seorang konsultan herbal, ditanaman obat keluarga evergreen, Bintaro Jaya, Tangerang. Banyak orang yang belum tahu akan manfaat cabai, ia mengatakan bahwa cabai merupakan makanan yang kaya akan gizi. Cabai rawit banyak mengandung vitamin C dan beta karoten (provitaminA), lebih dari pada buah-buahan seperti mangga, nanas, pepaya, dan semangka.


Kadar mineralnya terutama kalsium dan fosfor pada cabai mengungguli ikan segar, akan tetapi kandungan vitamin C cabai hijau lebih tinggi dari pada cabai rawit. Zat yang membuat cabai terasa pedas adalah kapsaisin yang tersimpan dalam urat putih cabai tempat melekatnya biji, disamping itu cabai dapat merangsang produksi hormon endorphin yang mampu membangkitkan sensasi kenikmatan.

Manfaat Cabai yang Lain
  1. Cabai dapat meredakan pilek dan hidung tersumbat karena capsairin dapat mengencerkan lendir.
  2. Cabai dapat memperkecil resiko terserang stroke, penyumbatan pembuluh darah, impotensi, dan jantung koroner.
  3. Sebagai antibiotik alami.
  4. Menurunkan kadar kolesterol
  5. Kandungan antioksidanya dapat digunakan untuk mengatasi ketidak suburan, afrodisiak, dan memperlambat proses penuaan.
  6. Dapat meningkatkan nafsu makan.
  7. Meredakan migraine
  8. Menghabat pertumbuhan jamur pada permukaan kulit.
  9. Untuk gangguan rematik dan frostbite
  10. Mengobati perut kembung
  11. Daun cabai dapat mengobati sakit perut.
  12. Memberikan kalsium dan fosfor bagi tubuh
  13. Menghilangkan rasa dingin pada tubuh.
  14. Membantu pembakaran kalori 
  15. Menyehatakan tubuh yang pastinya asal tidak berlebihan.
Manfaat diatas semoga menjadi pertimbangan agar bagi anda yang tidak suka dengan pedas untuk sedikit-sedikit menyukainya, ingat memakannya jangan berlebihan dan konsumsilah sesuai dengan kebutuhan saja.
di 01.46.00

2 komentar untuk "Manfaat Memakan Cabai bagi Kesehatan"

  1. wah bagus sekali manfaatnya, dan lagi cabai ini enak dibikin sambal...

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih telah berkunjung dan Sambal Indonesia paling enak di amerika

      Hapus

Back to Top