Manfaat Kandungan Jagung Untuk Ibu Hamil

Manfaat Kandungan Jagung Untuk Ibu HamilJagung yang kita konsumsi memiliki kaya akan kandungan karbohidrat. Kandungan yang ada pada jagung dapat mencapai 80% dari seluruh bahan kering biji dan karbonhidrat dalam bentuk pati sendiri umumnya berupa campuran amilosa serta amilopektin. Indonesia sendiri merupakan negara dengan makanan pokok nasi dan ada juga terdapat beberapa pokok yang dimiliki oleh daerah lain seperti jagung, sagu, dan singkong.
Manfaat Kandungan Jagung Untuk Ibu Hamil

Jagung merupakan tanaman yang mampu menghasilkan karbohidrat sebeagai sumber energi, tumbuhan yang bernama latin Zea mays ssp. Mays yang ada pada jagung memiliki berbagai macam manfaat selain sebagai makanan pokok misalnya untuk ibu hamil.

Kandungan Jagung Bermanfaat Untuk Ibu Hamil

Jagung manis sendiri mengandung amilopektin lebih rendah, kandungan tersebut baik dikonsumsi oleh ibu hamil, jagung manis satu tangkai besar memiliki 120 kalori dengan 1,9 gr lemak dan memiliki kandungan gula sebesar 8,9 gr dengan kandungan karbohidrat total 26,7 gr. 

Serat dan protein yang  ada pada jagung dapat membantu ibu hamil untuk dapat mengatasi dan mencegah terjadinya sembelit yang biasanya terjadi pada trimester pertama atau pada awal kehamilan. Dengan mengkonsumsi jagung secara rutin maka dapat membantu untuk memperingan kinerja usus ibu hamil.
Air sebanyak 63,5 grEnergi 129 la;Protein 4,1 grLemak 1,3 grKarbohidrat 30,3 grSerat 2,9 grKalsium 5 grZat besi 1,11 mgVitamin A,B1,C 0,18 dan 9 mg
Jagung sendiri juga berfungsi sebagai pemelihara kesehatan jantung untuk ibu hamil dan janin yang dikandungnya, kandungan karoteniod, vitamin C dan bioflavonoid yang ada pada jagung dapat membantu untuk mengendalikan jumlah kolesterol tinggi. Jagung juga salah satu sumber penghasil asam folat dan vitamin B12 yang terbaik, dua vitamin tersebut dapat membantu menurunkan resiko cacat pada janin misalnya pada kondisi spina bifida yang mempengaruhi sistem syaraf serta tulang belakang pada bayi.

Maka dari itu sangat baik jika ibu hamil mengkonsumsi jagung secara rutin, kadungan tersebut akan membantu memperkuat tubuh ibu hamil yang merasa lemah karena mual dan muntah yang biasanya terjadi pada tiga bulan pertama.

Manfaat Jagung Untuk Ibu Hamil
  1. Dapat membantu sistem memori janin
  2. Mencegah terjadinya cacat otot bayi ketika lahir
  3. Dapat memacu fungsi otak janin
  4. Dapat membantu perkembangan tulang dan otot karena zat besi, fosfor, dan magnesium.
  5. Dapat mencegah kekurangan berat badan pada janin
  6. Membantu memelihara kesehatan denyut jantung
  7. Dapat membantu kesehatan mata pada bayi.
  8. Menurunkan hipertensi
  9. Dapat memperbaiki pencernaan
  10. Dapat mencegah anemia
Semoga bermanfaat.
di 23.56.00

1 Komentar untuk "Manfaat Kandungan Jagung Untuk Ibu Hamil"

Back to Top