Tips Mencegah Alergi pada Anak

Tips Mencegah Alergi pada Anak- Jangan pernah menyepelekan alergi pada anak, apabila anak mengalami hal semacam itu buru-buru untuk menanganinya dan jika mengganggu seluruh fungsi atau sistem tubuh maka susunan saraf pusat atau otak anak akan terganggu. Sedang gangguan otak yang dapat terjadi meliputi gangguan motorik, perilaku, belajar, tidur, pemusatan perhatian, keterlambatan bicara, dan hiperaktif, bahkan autisme pun akhirnya banyak dikaitkan dengan alergi.

Gangguan motorik biasanya ditandai dengan gerakan motorik yang berlebihan. Pada bayi akan terlihat bahwa dia tidak dapat diam sejak lahir, tangan dan kaki bergerak terus. Gejala lain anak tampak tidak dapat diam dalam gendongan. Kadang disertai seringnya gerakan menghentakkan kepala ke belakang bahkan sampai membentur-benturkan kepala.

Tips Mencegah Alergi pada Anak

Semakin besar, anak juga tampak tidak dapat diam atau duduk lama-lama, selalu berjalan, dan bergerak tanpa tujuan. Sering menjatuhkan badan, atau bergulung-gulung di kasur. Gangguan pemusatan perhatian dapat ditantai dari anak yang tidak dapat mengerjakan sesuatu dengan lama dan cepat bosan, kecuali bila sedang menonton televisi.

Gangguan perilaku lainnya adalah agresif, tanda agresif pada bayi sudah terlihat dengan sering menjilat, menggigit, mencubit, bahkan menjambak rambut orang yangsedang menggendongnya. Pada anak lebih besar terlihat sering memukul benda atau orang di sekitarnya. Bila marah sering berlebihan, menjerit hingga berguling-guling  atau temper tantrum.

Pengobatan yang paling ampuh terhadap penyakit alergi adalah dengan menghidangkan zat-zat penyebab alergi. Meskipun alergi pada masa kanak-kanak tidak dapat dicegah secara total, ada beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk mencegah dan mengurangi terjadinya alergi;
  1. Hindari si anak dari makanan yang berpotensi menyebabkan alergi.
  2. Bersihkan seluruh rumah dan terutama tempat tidur agar terbebas dari debu.
  3. Kosongkan dan bersihkan ruangan tidur anak, lepas semua karpet ganti dengan lantai kayu.
  4. Usahakan untuk mengisi ruang tidur si kecil dengan satu tempat tidur saja.
  5. Tutuplah kasur dan boks bayi dengan menggunakan plastik anti debu.
  6. Bersihkan ruangan setiap hari.
  7. Hindari anak dari binatang.
  8. Jangan ijin orang untuk merokok dalam ruangan.
di 21.14.00

Belum ada komentar untuk "Tips Mencegah Alergi pada Anak"

Posting Komentar

Back to Top