Tanda-Tanda Wanita Hamil

Tanda-tanda Wanita Hamil- Kehamilan merupakan tanda seorang perempuan membawa embrio atau fetus dalam tubuhnya, proses yang diawali dengan adanya pembuahan (konsepsi) pada masa pembentukan bayi dalam rahim dan diakhiri oleh lahirnya sang bayi. Sedangkan kehamilan sendiri dibagi dalam triwulan yaitu triwulan pertama dari konsepsi sampai 3 bulan, triwulan kedua dari bulan ke 4 sampai ke 6, dan triwulan ketiga dari bulan ke 7 sampai ke 9.

Kehamilan pada seorang wanita terjadi selama 40 minggu antara masa terakhir menstruasi hingga kelahiran, tanda-tanda munculnya kehamilan pada seorang wanita adalah saat-saat dinanti bagi wanita yang sudah menikah. Memiliki keturunan merupakan kebanggan untuk membangun rumah tangga yang harmonis dan diberi sebuah anugerah yang tak ternilai harganya, amanat dari sang Pencipta Alam semesta.

Tanda-Tanda Wanita Hamil

Berikut tanda-tanda Wanita Hamil:

1. Terjadinya Perubahan pada Bentuk Tubuh

Perubahan ini terjadi bukan karena perut yang mulai membesar ketika seorang wanita mengalami kehamilan, akan tetapi perubahan ini pada semua bagian tubuh yang mulai membengkan, seperti pada pipi, bokong, dada, paha, dan kaki.

2. Perubahan pada Payudara

Perubahan pada payudara juga akan memberikan tanda bahwa seorang wanita itu sedang hamil dan perubahan tersebut akan mengisinya payudara, perubahan bentuk karena akan dipersiapkan untuk menghasilkan ASI. Perubahan ini akan memberikan payudara menjadi sangat lembut dan senditif.

3. Sering mengalami Mual

Kasus ini akan dialami oleh seorang wanita yang sedang hamil, mual merupakan gejala kehamilan yang paling umum terjadi pada seorang wanita hamil. Dimana rasa mual ini terjadi karena peningkatan hormon human chorionoc gonadotrophin yang menyebabkan adanya efek pedih pada lapisan perut sehingga menimbulkan rasa mual. Setelah melewati masa kehamilan trisemester kedua, maka rasa mual mulai menghilang dengan sendirinya.

4. Terjadinya Kram pada Perut

Kasus ini sudah saya rasakan pada saat kehamilan pertama, pada masa kehamilan semester pertama maka rasa kram pada perut akan sangat menyiksa dan diikuti keluarnya bercak darah. Saat kondisi perut kram akan terus berlanjut sampai kehamilan trisemester kedua hingga letak uterus pada posisi ditengah dan disanggah panggul.

5. Terlambat Haid

Tanda yang lain adalah terjadinya keterlambatan haid atau terlambat datang bulan, akan tetapi keterlambatan haid tidak berarti seorang wanita itu hamil, bisa juga dikarenakan stress, gangguan hormonal. 

6. Sering Mengalami Kecapaian

Tanda yang lain mudah capai atau lelah, memiliki rasa ingin bermalas-malasan ditempat tidur serta menurunya kadar gula darah dan tekanan darah yang mengakibatkan mudah capai.

7. Terjadinya Pusing dan Sering Meludah

Wanita hamil akan mengalami pusing dan sakit kepala serta sering meludah, dikarenakan oleh faktor fisik, rasa mual, lapar, dan rasa lelah. Seangkan penyebab emosional terjadi dikarenakan rasa tegang dan depresi.

8. Terjadi Sembelit

Sembelit merupakan tanda-tanda wanita hamil, dimana hormon progesterone ini mengendurkan otot-otot rahim yang berdampak pada mengendurnya otot dinding usus sehingga menyebabkan terjadinya sembelit atau susah buang air besar.

9. Sakit pada Punggung

Rasa sakit pada punggung akan dialami oleh wanita hamil, punggung pada bagian bawah terasa nyeri yang menandakan hamil.

10. Terjadinya Perubahan Mood dan Sensitif terhadap Bau

Wanita hamil akan memiliki rasa mood yang mudah berubah-rubah, dimana akan sangat keras pada suami pada saat terjadi kesalahan sepele maka akan marah dan wanita hamil tak tahan pada segala bau, terutama aroma makanan, parfum sehingga terjadi mual.

Semoga tanda-tanda diatas dapat bermanfaat bagi Ibu atau wanita yang sedang hamil.
di 20.04.00

Belum ada komentar untuk "Tanda-Tanda Wanita Hamil "

Posting Komentar

Back to Top